Apa sih Penetapan harga
anggapan itu? (1)
Penetapan harga anggapan
maksudnya perusahaan menghitung harga jual mereka berdasarkan nilai atau citra
yang dirasakan oleh konsumen terhadap produk, bukan karena biaya yang telah
dikeluarkan perusahaan sebagai penetapan harga.
Contoh
:
Harga traktor perusahaan
Caterpilar lebih mahal dibandingkan traktor dari perusahaan lain, meskipun
demikian tetap sangat berminat untuk membelinya karena percaya bahwa biaya
operasional sepanjang hidup traktor caterpillar akan lebih kecil dibandingkan
traktor-traktor merk lainnya
Lain
halnya dengan penetapan harga anggapan, maka ada juga penetapan harga nilai. Penetapan
harga nilai terbagi dua yaitu:
(2)
1.
EDLP
(everyday low pricing)
Pengencer menetapkan harga
murah setiap harinya secara konstan tanpa diskon harga sementara. Alasan
penting kenapa ialah karena penjualan dan promosi yang terus menerus itu mahal
menghapus kepercayaan konsumen pada kredibilitas harga.
2.
High-low
pricing
Pengencer menggunakan harga
yang lebih tinggi setiap harinya kemudian sering melancarkan promosi bahwa
harga diturunkan sementara, begitu pun seterusnya.
Sebelum menetapkan harga,
hendaknya kita lebih dulu menetapkan tujuan. Penetapan harga pemerahan pasar
maksimum, dan pangsa pasar maksimum merupakan beberapa diantaranya. Berikut
saat yang tepat bagi kita untuk memilih keduanya.
1.
Pemerahan Pasar maksimum (3)
·
Pembeli
dalam jumlah cukup besar mempunyai permintaan jangka pendek yang tinggi
·
Biaya
produksi per unit dalam memproduksi jumlah kecil tidak demikian tinggi sehingga
dapat menghilangkan keuntungan dari penetapan harga maksimal yang dapat diserap
pasar
·
Harga
awal yang tinggi tidak menarik lebih banyak pesaing ke pasar
·
Harga
yang tinggi mencerminkan citra produk yang unggul.
2.
Pengsa pasar maksimum (4)
·
Pasar
sangat peka terhadap harga
·
Biaya
produksi dan distribusi menurun dengan semakin banyaknya pengalaman produksi
·
Harga
yang rendah menghilangkan semangat pesaing lama dan pesaing potensial.
Diskon?
Tau gak kalau ternyata ada loh jenis Diskon Psikologis? (6)
Namanya
rada gimana gitu yah... Sebenarnya diskon psikologis itu merupakan diskon
(potongan harga) yang ditawarkan dengan harga semu yang sangat tinggi dan
kemudian menawarkannya dengan harga yang jauh lebih rendah.
Contoh
Harga sebelumnya $359,
sekarang harganya menjadi $299 sehingga menimbulkan kesan psikologis pada
konsumen bahwa harga turun derastis banget jadi timbullah keinginan yang besar
untuk membeli produk itu juga, meskipun mungkin saja sebenarnya konsumen belum
butuh untuk membeli produk tersebut.
0 comments:
Post a Comment