Secara
umum kuliah Strategi Pemasaran ini berisi bagaimana mengembangkan strategi
pemasaran yang berorientasi pada kebutuhan pasar. Dalam kuliah ini telah
dijelaskan pentingnya perusahaan berorientasi pada pasar. Pengembangan strategi
perusahaan berdasarkan apa yang dibutuhkan pasar. Manajemen perusahaan harus
memiliki kemampuan yang prima dalam mengetahui dan memahami apa yang terjadi di
pasar termasuk trend perkembangannya.
Strategi-strategi
di tingkat korporat, bisnis dan fungsional harus mengacu pada orientasi pasar
tersebut. Hubungan diantara ke tiga strategi tersebut harus kuat dan konsisten.
Strategi korporat akan menentukan arah strategi bisnis dan selanjutnya strategi
bisnis akan menentukan strategi fungsional di masing-masing nit bisnis.
Dalam
realitanya kerap kali, manajemen perusahaan tidak mudah menerapkan pendekatan
berorientasi pasar ini. Walker dan Mullins (2014, 15-17) menyatakan
“aspek-aspek persaingan diantara pelaku bisnis, tahap perkembangan industry dan
kesuksesan yang pernah dicapai dapat membelokkan perhatian manajemen untuk
menerapkan orientasi pasar.” Dalam
perkembangan lingkungan yang demikian cepat sekarang ini, manajemen perusahaan
harus tetap waspada terhadap pengaruh lingkungan melalui kepemimpinan pemasaran
yang kuat dalam perusahaan.
Selain
itu perkembangan lingkungan lainnya dapat juga memberikan ancaman maupun
membuka kesempatan bisnis maupun mengembangkan keunggulan perusahaan. Walker
dan Mullins (2014, 17-20) menulis “perkembangan globalisasi, peningkatan bisnis
jasa yang sangat besar, perkembangan yang cepat teknologi ICT dan hubungan
diantara fungsi-fungsi dalam perusahaan maupun diantara perusahaan akan
mempengaruhi peran strategis pemasaran.” Bagi perusahaan yang dapat secara jeli
mengambil aspek positifnya menjadi kekuatan dan kesempatan bisnis maka mereka
akan mendapatkan keunggulan dalam bisnisnya. Ini merupakan kejadian alamiah
dalam setiap perubahan. Siapa yang peka dan cepat tanggap akan menang dalam
dunia dengan perubahan yang sangat cepat ini.
Akhirnya
strategi-strategi yang telah dibuat harus dituangkan ke dalam berbagai kegiatan
operasional dalam rencana pemasaran untuk dijalankan oleh berbagai pihak yang
relevan dalam perusahaan. (hus/kamis/4 september 2013)
Penulis: Husni (Dosen Telkom University)
0 comments:
Post a Comment