CRM yang dirapkan sebenarnya
mengharapkan:
·
Customer management :
Reaktif jika ada komplainan
·
CRM : Mengantisipasi terjadinya komplen dilihat dari data history
·
Relation marketing : Berupa
jalinan partnership
The core CRM Process Competencies adalah:
1.
Teknologi
2.
Management
3.
Loyalitas, field sales and service, sales, marketing and fulfullment,
custome service and billing
Next Generation CRM itu menangahi sistem front office dan back office.
Tipe-tipe CRM:
1.
Operational -> pengguna atau pemeran secara langsung ke customer
2.
Analytical -> memeriksa dan menganalisa kecenderungan pasar
3.
Collaborative CRM -> arahnya cenderung ke atas piramida, berkolabosi
dengan pihak-pihak lainnya (PRM:
Partnership Relationship Management)
Penting juga bagi seorang CRM untuk membangun hubungan yang baik dengan
distributor: Contoh GF (Garuda food yang berusaha mengintertain distribuyonya,
Diperlukan cross functional CRM dalam dunia persaingan saat ini. Cross functional CRM yang dimaksudkan adalah semua pihak dala perusahaan terlibat untuk melayani customer dengan baik.
1. Strategy Development proses
-> dimana kita dan apa yang akan kita capai. Siapa pelanggan
2. The value creation process
-> menciptakan nilai. Brand itu tidak ternilai, value itu segalanya
3. The multi-channel
integration process -> bagaimana bisa terhubung pelanggan dengan kita semua.
Dengan menggunakan apapun customer bisa mennjagkau kita.
4. The information management
process
5. The prformance assesment
process -> tolak ukur penilaian
0 comments:
Post a Comment