Pages

Ads 468x60px

Labels

Friday 8 August 2014

Why I am being a Blogger?



Congratulation! akhirnya blog ini (dedewahyunisetiawati.blogspot.com) ikut berkompetisi juga. Cuma bermodal seneng nulis dan sharing, Alhadulillah blog ini bisa dimanfaatin untuk ikut lomba juga dan ga nyangka dapet urutan juara 1 (*ga ngerti dilihat dari sisi apanya, hehe), plus hadiah voucher belanja Rp500,000 (*rezeki mumpung belom dapat kiriman, haha).
Sebenernya motivasi utama saya kenapa ngebloger itu adalah:

1. Ngeblogger jadi nyalurin minat nulis
Awalnya saat kecil saya suka ngegambar, sampe dulu waktu SD saya jadi juragan jualan orang-orangan. Orang-orangan itu sejenis gambar-gambar yang isinya ada perempuan, dan baju-baju pesta, tas, dll yang kalo digunting, baju-baju tersebut bisa dipasangin ke orangnya. Suka nulis baru mulai saat SMA waktu untuk pertama kalinya Bapak ngehadiahin aku laptop yang sangat waktu itu sangat jarang orang yang punya. Alhasil karena fungsi utama laptop zaman itu untuk ngetik, yah jadinya saya suka nulis. hehe

2. Ngeblogger itu nulis tanpa harus capek
Entah kenapa kalo nulis dikertas itu asa jadi capek tangannya, beda banget dengan ngetik, hehe. Mungkin karena kebiasaan fb-an.

3. Merasa berhutang budi sama blogger
Saya adalah pengguna jasa bloger sejati, butuh apa nanyanya pasti ke mbah google yang mayoritas si bloger termasuk yang punya jawaban-jawaban beragam untuk pertanyaan yang saya tanyain. Apalagi kalo udah nyari bahan untuk tugas yang kepepet, ampun deh. Kudu banget ke mbah google. kebayang kalo ga ada orang yang suka nulis diinternet, bagaimanalah nasib saya. Terimakasih saya ucapkan dari hati terdalam buat para penulis dunia maya! :3

4. Jadi Blogger itu kan menulis, dan Menulis sama dengan mengikat makna
Jadi saya pernah ikut pelatihan menulis, dan menulis terbukti dapat mengikat makna dari perjalanan hidup kita. Berikut listnya yang saya masih ingat:

  • Nulis buat daya inget kamu bagus
  • Nulis buat tingkat kesetresan kamu berkurang
  • Nulis bisa jadi ibadah kalo niat dan isinya bagus
  • Nulis bukain peluang kamu untuk jadi penulis profesional
  • Nulis adalah bentuk aktualisasi diri untuk bidang ilmu yang kamu sukai
  • Nulis buat kamu bisa menyimpan rapi kenangan dan perjalanan hidup kamu untuk evaluasi diri di kemudian hari
5. Blogger kalo pinter-pinter ambil peluang bisa dapat hadiah kompetisi ngeblog

6. Ngeblogger kalo beruntung bisa ditawarin jadi penulis beneran (*kisah dosen saya)
Kalo dosen saya itu ngeblog atau lebih tepatnya ngepost tulisan-tulisannya tentang banyak hal mengenai kehidupannya selama di australia di web nya. Dan ... jeng-jeng singkat cerita beliau ditawarin buat buku yang isinya kesuluruhan dari tulisan-tulisan yang pernah dia post tersebut. (*Ngefans deh sama beliau, hebat) :')

7. Ngeblogger bisa jadi bahan review ntuk perusahaan yang ngincer kamu untuk jadi karywannya (*kisah seorang kakak tingkat)
Kalo yang ini saya dapet kisahnya dari cerita dosen saya tentang seorang kakak tingkat yang belom lulus udh dapat panggilan kerja hanya gara-gara dia punya tulisan yang berkualitas terkait bidang yang suka dia tulis itu (marketing). Akhirnya belom lagi lulus beliau sudah punya kerja. Kemungkinan nya salah satu bentuk investigasi perusahaan pada calon karyawan itu dari apa kualitas karya yang dia buat. Kayak kakak tingkat saya ini, dia suka marketing. Dia nulis sesuatu yang berkualitas tentang marketing dan itu adalah bentuk aktualisasi seberapa paham dan suka dia dengan bidang tersebut. (*Asik kan yah)

Meskipun kendalanya ga semua orang suka menulis. Tapi pada umumnya sekarang kayaknya bakal banyak orang suka nulis berhubung trend komunikasi saat ini adanya melalui dunia maya yang beradu bahasa "ketikan". Cuma kalo menulis ga secara lepas memang itu bakalan buat kita skak mau "nulis apa yah..?".
Makanya kata seorang penulis dan pengisi pelatihan menulis "Mengikat Makna" bilang 
"Saat kamu menulis, tuangin aja secara bebas apa yang mengalir dari tangan mu. Ga perlu diedit, biarkan dia mengalir secara murni. Saat kamu udah jadi dan kamu pengen rapi, barulah kamu edit sesuai mana yang kamu suka."
Kurang lebih maknanya gitu, meski itu pake bahasa saya pribadi. Tapi kalo liat berapa list manfaat dari nulis kayaknya emang asik banget kalo kamu bisa mulai coba nyalurinnya lewat ngeblogger, dll. 
I love writing dan Alhamdulillah salah satu media asik buat nulis dan publikasi tanpa bayar dan ribet yah jadi blogger, jadi yuk ngeblog! :D




0 comments:

Post a Comment