Pages

Ads 468x60px

Labels

Saturday 11 February 2012

EKONOMI VS EKONOMIKS ???



“Ekonomi” suatu yang sangat erat sekali dalam kehidupan kita, sekitar lebih dari 50% aktifitas kita selalu berhubungan dengan ekonomi. Namun sudah taukah anda apakah ekonomi itu?, kalau belum tahu mari kita pelajari bersama.
Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.  Sehingga jika diartikan secara bahasa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.
Mungkin anda, terutama para pelajar pernah juga menemukan istilah ekonomiks. Jadi, apa itu ekonomiks dan bedanya apa dengan ekonomi? Ekonomiks itu maksudnya keilmuan ekonomi, sementara ekonomi itu adalah perilaku atau aktifitasnya. Ekonomi erat kaitannya dengan aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Sementara ekonomiks adalah ilmu tentang ekonomi seperti yang kita pelajari.

1 comment: