Pages

Ads 468x60px

Labels

Wednesday 25 April 2012

PENETAPAN HARGA



Apa sih Penetapan harga anggapan itu? (1)
Penetapan harga anggapan maksudnya perusahaan menghitung harga jual mereka berdasarkan nilai atau citra yang dirasakan oleh konsumen terhadap produk, bukan karena biaya yang telah dikeluarkan perusahaan sebagai penetapan harga.
Contoh :
Harga traktor perusahaan Caterpilar lebih mahal dibandingkan traktor dari perusahaan lain, meskipun demikian tetap sangat berminat untuk membelinya karena percaya bahwa biaya operasional sepanjang hidup traktor caterpillar akan lebih kecil dibandingkan traktor-traktor merk lainnya

Lain halnya dengan penetapan harga anggapan, maka ada juga penetapan harga nilai. Penetapan harga nilai terbagi dua yaitu: (2)
1.      EDLP (everyday low pricing)
Pengencer menetapkan harga murah setiap harinya secara konstan tanpa diskon harga sementara. Alasan penting kenapa ialah karena penjualan dan promosi yang terus menerus itu mahal menghapus kepercayaan konsumen pada kredibilitas harga.

2.      High-low pricing
Pengencer menggunakan harga yang lebih tinggi setiap harinya kemudian sering melancarkan promosi bahwa harga diturunkan sementara, begitu pun seterusnya.

Sebelum menetapkan harga, hendaknya kita lebih dulu menetapkan tujuan. Penetapan harga pemerahan pasar maksimum, dan pangsa pasar maksimum merupakan beberapa diantaranya. Berikut saat yang tepat bagi kita untuk memilih keduanya.
1.      Pemerahan Pasar maksimum (3)
·         Pembeli dalam jumlah cukup besar mempunyai permintaan jangka pendek yang tinggi
·         Biaya produksi per unit dalam memproduksi jumlah kecil tidak demikian tinggi sehingga dapat menghilangkan keuntungan dari penetapan harga maksimal yang dapat diserap pasar
·         Harga awal yang tinggi tidak menarik lebih banyak pesaing ke pasar
·         Harga yang tinggi mencerminkan citra produk yang unggul.

2.      Pengsa pasar maksimum (4)
·         Pasar sangat peka terhadap harga
·         Biaya produksi dan distribusi menurun dengan semakin banyaknya pengalaman produksi
·         Harga yang rendah menghilangkan semangat pesaing lama dan pesaing potensial.
Diskon? Tau gak kalau ternyata ada loh jenis Diskon Psikologis? (6)
Namanya rada gimana gitu yah... Sebenarnya diskon psikologis itu merupakan diskon (potongan harga) yang ditawarkan dengan harga semu yang sangat tinggi dan kemudian menawarkannya dengan harga yang jauh lebih rendah.
Contoh
Harga sebelumnya $359, sekarang harganya menjadi $299 sehingga menimbulkan kesan psikologis pada konsumen bahwa harga turun derastis banget jadi timbullah keinginan yang besar untuk membeli produk itu juga, meskipun mungkin saja sebenarnya konsumen belum butuh untuk membeli produk tersebut.


0 comments:

Post a Comment