Pages

Ads 468x60px

Labels

Sunday 15 October 2017

Kue Lontar or Pie Sus?

Pernah dengar Kue Lontar?.
Ya, itu nama kue yang berasal dari Sorong, Papua Barat. Kue ini sangat lekat dengan acara atau ngumpul-ngumpul, karena biasa disajikan untuk dinikmati bersama. Biasanya dicetak pada mangkuk keramik. 
Kalau di pulau jawa, kue ini lebih mirip dengan nama "Pay Sus". Namun tetap saja dari rasa ada perbedaan, yaitu pada bagian isiannya Lontar terasa lebih khas dari pada Pay Sus yang lebih terasa susunya saja.

Tapi di sini, aku lagi ngebuat modifkasi takarannya saja dengan padu padan yang mungkin lebih cocok di lidah sendiri. Jadi kalau biasanya Lontar dibuat dengan banyak telur, di sini aku cuma pakai 3 telur dan begitu pun takaran susunya aku kurangi.

Kulit:
1. Setengah margarin bungkusan
2. Tepung secukupnya

Isian:
1. Sebutir (1) telur utuh
2. Dua (2) atau tiga (3) butir kuning telurnya saja
3. Setengah sendor tepung maizena
4. dua setangah (2 1/2) centong susu kental manis atau sesuai selera
5. Bubuk vanila secuput

Adonin kulit sampai kalis agak keras. Lalu cetak di loyang atau wadah anti panas. Cetakan bisa disesuaikan dengan kreatifitas masing-masing.

Untuk isian campur point 1,2 dengan 5, lalu sisihkan.
Setelah itu secara terpisah, 3 dan 4 dicampur lalu di panaskan sebentar. Setelah itu diangkat dan dicampur dengan 1,2, dan 5 yang sudah diaduk. Lalu aduk semuanya rata. Setelah itu disaring dan dimasukan ke cetakan kulit. 

Setelah sudah ready semuanya masukan ke oven (dengan panas sedang). Dan tunggu hingga sekitar 45 menit. Angkat, dinginkan, lebih baik jika dinginkan di-kulkas sebentar. Lalu siap untuk dihidangkan.





 Anyway.. makin dingin di kulkas, kue ini jadi kerasa makin enak loh. Selamat mencoba.



0 comments:

Post a Comment