Pages

Ads 468x60px

Labels

Tuesday 17 October 2017

Bahaya Stroke

Sudah sejak lama saya dengar nama salah satu penyakit mematikan ini. Dulu teman saya pernah cerita bahwa neneknya sempat kena stroke setengah bagian tubuhnya sehingga tidak dapat berfungsi. Alhamdulillah stroke nenek-nya akhirnya dapat disembuhkan, meskipun tetap dalam monitor perawatan.

Dan baru saja kemaren, salah rekan kerja saya di perusahaan meninggal dunia akibat serangan stroke karena pendarahan diotak. Sekitar 3 hari beliau koma lalu tidak dapat selamatkan (berpulang). 
Kejadian ini sontak membuat seluruh karyawan lainnya merasakan simpati dan berduka. Ini pertama kalinya selama di perusahaan, ada karyawan yang meninggal dunia. Di saat kabar duka itu dekat dengan lingkungan kita, rasa kuatir juga datang menyelimuti. Kuatir pada sedemikian bahaya nya stroke, dan bertanya-tanya akan apa penyebab stroke dan bagaimana cara mencegahnya?.

Maka saya langsung mencoba mencari video yang membahas terkait stroke. Dan berikut saya sekilas mengulang beberapa point tentang stroke dari yang saya tonton pada video tersebut.

  • Stroke adalah salah satu pembunuh tersebar di dunia.
  • Stroke (sederhananya) diakibatkan karena adanya pembuluh darah yang tersumbat. 
  • Salah satu faktor yang banyak memicu terjadinya stroke (penyumbatan pembuluh darah) adalah karena hypertensi.
  • Penyebab pada dasarnya banyak, diantaranya yakni hypertensi, pola hidup tidak sehat, merokok, diabetes, kelainan genetik, dan lain-lain.
  • Olahraga & pola hidup sehat adalah beberapa diantara bentuk pencegahan stroke.
  • Indikasi stroke antara lain adalah pandangan merabun, bibir "mencong", ada bagian tubuh yang tidak bisa digerakan, dll.
  • Jika ada indikasi stroke segera konsultasikan ke dokter.
  • Orang yang tumbang akibat stroke harus segera mendapat pertolongan "emergency" dari dokter dalam 3 jam. Jika lebih dari itu maka nyawa orang tersebut akan sulit diselamatkan. Maka dari itu upayakan perjalanan ke Rumah sakit tidak memakan waktu sangat lama agar dokter masih memiliki waktu-nya untuk memberikan pertolongan.

Demikian beberapa list yang masih saya ingat. Silahkan menambahkan jika ada lagi list yang kalian tahu.


0 comments:

Post a Comment