Pages

Ads 468x60px

Labels

Friday 3 August 2018

Dana Darurat

Apa itu dana darurat?
Dalam manajemen keuangan keluarga atau pribadi, dana darurat adalah salah satu variabel yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebelumnya, izinkan saya memberikan definisi dana darurat.
Dana darurat adalah dana yang disisihkan dari pendapatan senilai 3 kali gaji seseorang atau kepala keluarga untuk dikeluarkan hanya dalam keadaan darurat & tidak ada lagi dana lain yang tersisa selain dana darurat. Sesuatu dikatakan darurat adalah dengan 2 parameter, yakni:
  1. Keselamatan
  2. Kebutuhan Pokok
Dana darurat terutama sangat berperan jika seseorang atau kepala keluarga berhenti bekerja atau tidak ada pemasukan (income). Dana darurat tidak harus di simpan secara sekaligus dalam jumlah sesuai kebutuhan. Akan tetapi kita bisa menyicilnya dari pendapatan bulanan sampai dana darurat itu terkumpul. Dan ingat, dana darurat adalah "dana beku" sehingga keberadaannya tidak boleh dianggap ada kecuali dalam keadaan darurat yang parameternya telah saya sebutkan di atas. 
Banyak orang tidak bisa membedakan keinganan, kebutuhan biasa, kebutuhan utama, kebutuhan penting, dan kebutuhan darurat sehingga sering kali salah dalam pengaturan keuangannya. Kebutuhan darurat ada pada level yang paling atas. Maka dari itu bisa dibilang sangat kecil kemungkinan akan digunakan pada seseorang dengan keuangan yang sehat. Dan jika pun akan digunakan itu hanya dalam keadaan yang sangat urgent.
Lalu bagaimana caranya agar kita bisa konsisten untuk menyisihkan dan menyimpan dana ini?. Jawabanya adalah buatlah post khusus.  Post di sini maksudnya bukan kantor pos yah. Tapi tempat kita menyimpan uang, bisa di nomor rekening khusus atau bisa juga secara konvensional di amplop atau kotak uang jika kita mau menyimpannya dalam bentuk cash. 
Dana darurat adalah varibel keuangan yang mesti kamu isi terlebih dahulu sebelum lanjut ke variable investasi. Makadari itu jika pun saat ini post dana darurat mu masih Rp 0. Maka mulailah dari hari ini sesuai kapasitas masing-masing. Misal penghasilan kamu Rp 6 juta/bulan, dan kamu tidak berkeberatan menyisihkan 10% dari gaji kamu perbulan untuk menabung dana darurat maka lakukanlah itu secara konsisten. Sampai angka dana darurat sebesar Rp 18 juta bisa kamu dapatkan. Kenapa dana darurat meski dalam bentu uang/ deposit bukan emas atau bentuk lainnya. Hal ini karena dana darurat adalah dana yang meskinya sangat cair (sangat mudah untuk dicairkan ke rupiah). Untuk kebutuhan yang darurat tentu menunggu 3 hari pun sangat lama bukan?. Itulah mengapa dana darurat meski dalam bentuk yang sangat cair (uang/deposit). 
Setelah varabel dana darurat terlaksanakan barulah kamu bisa mengatur variabel keuangan yang lainnya sesuai dengan kebutuhan. Selamat berusaha dan menabung.


Reference : - Presentasi Manajemen Keuangan by Bu Gita (Konsultan Keuangan)
                   - Konten Manajemen Keuangan di Youtube dari beberapa praktisi 

0 comments:

Post a Comment