Pages

Ads 468x60px

Labels

Sunday 22 July 2018

Menjual lah ke orang yang punya uang!

Selain sebagai bloger, aku juga aktif berniaga di beberapa media online. Karena kebetulan hometown aku saat ini di Sorong, Papua Barat. Dimana saat itu 2014 pertama kali merintis bisnis online, aku melihat ada permasalahan yang mesti dipecahkan untuk masyarakat sana atau peluang bisnis buat aku. Yakni busana-busana wanita yang fashionable masih sangat kurang dan ada produk-produk tertentu yang bahkan tidak bisa ditemui di se-antero sorong. 

Dan kesempatannya adalah aku tinggal di ibukota dengan banyak sekali tempat yang bisa menyediakan busana-busana beragam macam yang fashionable dengan beragam range harga pula tergantung kualitas. Produk pertama yang aku jual saat itu adalah phasmina sampai akhirnya baju-baju, & ada juga produk-produk unik yang secara khusus direquest pembeli. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, semua produk yang aku tawarkan selalu diminati. Karena aku memang memilih hanya produk-produk berkualitas saja yang di jual dan itu pun dengan harga sedikit lebih murah daripada penjual di toko-toko atau pun pasar. 

Page online shop itu aku dirikan di facebook. Karena masyarakat sorong lebih aktif di media sosial facebook, ketimbang instagram kala itu. Alhamdulillah, baru bulan-bulan awal omset sudah lumayan. Saat itu barang jualan aku tidak distok di Sorong tapi di kosan ku di jakarta. Jadi jika ada barang-barang bagus, aku foto & pasarkan online dulu. Sampai ada pembeli/pengorder barulah barang tersebut dikirim ke Sorong dan diantarkan langsung ke pembeli. Hal ini karena mempertimbangkan ongkos kirim ke Sorong yang tinggi sementara modal usaha ku bisa dibilang "modal dengkul". 

Dengan menyetoknya di jakarta sedikit-sedikit setidaknya biaya ongkos kirim bisa digabung jadi satu. Karena sistem rate harga jualan aku adalah produk sudah termasuk ongkos kirim. Dan ini adalah tantangannya. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, bahkan pembeli baru bisa dipastikan akan repeat order karena sangat puas. Setelah aku analisis lagi, hal utama yang membuat mereka sangat puas adalah mereka finally menemukan truted online shop di tengah beragam issue penipuan online shop. Karena trusted itu adalah sebuah key of business successful, baik itu online shop atau bisnis apapun. Dan selain itu karena memang di sana masih jarang mencari busana-busana berkualitas & relatif terjangkau meskipun harus menunggu waktu pengiriman. 

Beriring ke tahun-tahun berikutnya Ramayana (Supermarket Pakaian) masuk ke kota kami. Dan online shop ku pun semakin sepi pembeli. Karena di Ramayana tentu harganya bisa  mirip harga di pulau jawa. Karena lot pengiriman yang besar membuat biaya transport mereka sangat jauh lebih murah. Saat ini yang masih ada pasarnya di online shop ku adalah fashion item yang masih "langka" ditemukan. 

Dan strategi pun aku ubah, karena aku sudah tidak mungkin lagi bisa bersaing dari biaya transportasi dengan yang kelas besar seperti Ramayana. Makadari itu aku menyaring hanya item-item fashion yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:
  1. Unik (Langka)
  2. Kekinian
  3. Branded (skala menengah ke atas)
  4. Ongkos kirim tidak termasuk
Produk harus unik (langka) agar konsumen mau bersabar menunggu waktu pengiriman yang lebih memakan waktu. Kalau banyak di mana-mana "untuk apa konsumen perlu menunggu bukan?", jika mereka bisa banyak menemukanya di mall-mall, toko-toko, atau pun pasar-pasar di sekitar sana. Produk meski kekinian, karena apa yang distok Ramayana atau pun toko-toko lain nya belum tentu bisa di-update sangat cepat. Dan di sinilah celah kebutuhan yang bisa online shop aku penuhi.

Berikutnya produk meski brand asli, No KW. Karena produk KW itu sudah tersebar di mana-mana dan sudah cukup mudah ditemukan. Tidak meski harus yang produk branded mahal, tetapi bisa juga produk dengan branded lokal yang masih bisa terjangkau dengan daya beli masyarakat sorong. Berikan saja option, lalu pembeli yang memutuskan dimana level budget mereka. 

Dan yang terakhir yang terpenting adalah ongkos kirim tidak termasuk. Karena mahalnya ongkos kirim dari jawa ke sorong sudah bukan rahasia lagi. Pembeli pun bisa mengecek sendiri berapa ongkos kirim produk tersebut. Pola pikirnya untuk produk yang langka, update, branded maka orang yang punya uang pasti bersedia membayar biaya ongkos kirim untuk barang yang ia sangat ingin beli. Jadi target pasar untuk online shop (DD Collections) ku akan lebih spesifik yaitu cukup menjual ke orang-orang yang "punya uang (berlebih)". 



FB Page: DD Collection (Online Shop only for Sorong, Papua Barat Area)

0 comments:

Post a Comment