Pages

Ads 468x60px

Labels

Saturday 14 September 2013

Market-Oriented Perspectives Underlie Successful Corporate, Business, and Marketing Strategies



            


Secara umum kuliah Strategi Pemasaran ini berisi bagaimana mengembangkan strategi pemasaran yang berorientasi pada kebutuhan pasar. Dalam kuliah ini telah dijelaskan pentingnya perusahaan berorientasi pada pasar. Pengembangan strategi perusahaan berdasarkan apa yang dibutuhkan pasar. Manajemen perusahaan harus memiliki kemampuan yang prima dalam mengetahui dan memahami apa yang terjadi di pasar termasuk trend perkembangannya.
            Strategi-strategi di tingkat korporat, bisnis dan fungsional harus mengacu pada orientasi pasar tersebut. Hubungan diantara ke tiga strategi tersebut harus kuat dan konsisten. Strategi korporat akan menentukan arah strategi bisnis dan selanjutnya strategi bisnis akan menentukan strategi fungsional di masing-masing nit bisnis.
            Dalam realitanya kerap kali, manajemen perusahaan tidak mudah menerapkan pendekatan berorientasi pasar ini. Walker dan Mullins (2014, 15-17) menyatakan “aspek-aspek persaingan diantara pelaku bisnis, tahap perkembangan industry dan kesuksesan yang pernah dicapai dapat membelokkan perhatian manajemen untuk menerapkan orientasi pasar.”  Dalam perkembangan lingkungan yang demikian cepat sekarang ini, manajemen perusahaan harus tetap waspada terhadap pengaruh lingkungan melalui kepemimpinan pemasaran yang kuat dalam perusahaan.
            Selain itu perkembangan lingkungan lainnya dapat juga memberikan ancaman maupun membuka kesempatan bisnis maupun mengembangkan keunggulan perusahaan. Walker dan Mullins (2014, 17-20) menulis “perkembangan globalisasi, peningkatan bisnis jasa yang sangat besar, perkembangan yang cepat teknologi ICT dan hubungan diantara fungsi-fungsi dalam perusahaan maupun diantara perusahaan akan mempengaruhi peran strategis pemasaran.” Bagi perusahaan yang dapat secara jeli mengambil aspek positifnya menjadi kekuatan dan kesempatan bisnis maka mereka akan mendapatkan keunggulan dalam bisnisnya. Ini merupakan kejadian alamiah dalam setiap perubahan. Siapa yang peka dan cepat tanggap akan menang dalam dunia dengan perubahan yang sangat cepat ini.

            Akhirnya strategi-strategi yang telah dibuat harus dituangkan ke dalam berbagai kegiatan operasional dalam rencana pemasaran untuk dijalankan oleh berbagai pihak yang relevan dalam perusahaan. (hus/kamis/4 september 2013) 

Penulis: Husni (Dosen Telkom University)

0 comments:

Post a Comment