Setiap
teknologi pasti memiliki siklus hidup yang biasanya dalam grafik puncak dari siklus ini ditandai dengan
titik natural limit. Pada dasarnya natural limit setiap teknologi berbeda-beda,
dan setiap umur masih biasa diperpanjang. Namun tentunya dengan konsekuensi
effort yang lebih besar, berupa pengembangan-pengembangan. Pengembangan ini
harus memperhatikan tipe dari teknologi tersebut, bagaimana cost yang
dikeluarkan, dan juga berapa lama waktu pengembangannya.
Life cycle teknologi juga sangat
mempengaruhi perkembangan dari pasar. Pada masa embrionik misalkan, disaat ini
perusahaan belum memiliki volume market. Dan pada masa growth justru
berkebalikan, karena pada masa ini pasar mengalami peningkatan yang pesat atau
dapat dikatakan volume market selalu meningkat. Setiap masa-masa life cycle
hendaknya disiasati untuk menghimpun dan mempertahankan pasar dari waktu ke
waktu agar eksistensi perusahaan akan tetap terjaga. Di dalam mempelajari
tentang Technology life cycle nantiya Anda pasti akan bertemu dengan
istilah-istilah seperti Multiple Growth, Technology
and Market Interaction, Market Pull, atau pun mungkin yang lainnya.
Multiple Growth – Pernahkah Anda mengetahui
tentang teknologi 3G? Didalam pekembangannya teknologi ini tidak diam saja,
karena teknologi ini mengalami perkembangan demi perkembangan hingga saat ini. Inilah
salah satu contoh dari Multiple Growth, dimana suatu teknologi akan memiliki
subteknologi-subteknologi lainnya. Setiap proses subteknologi life cycle berupa
pengembangan dari salah satu atau beberapa parameter dari teknologi existing
yang di dalamnya terdiri dari pengembangan-pengembangan produk lagi.
Tecnology and
Market Interaction
– Sudahlah pasti teknologi dan pasar sangat berkaitan erat. Bahkan untuk
mempertahankan pasar saja tidak cukup sehingga sangat penting pula untuk
menciptakan pasar. Hal ini dimaksudkan
untuk enciptakan longlife technology.
Atau biasa juga dikenal dengan push of technology (Science-Technology Push).
Market Pull – Market Pull merupakan
keinginan pasar yang mendorong suatu teknologi untuk dibuat. Ini merupakan
faktor mayoritas pada pengembangan suatu teknologi. Namun pengembangan produk
dapat juga dilakukan dengan faktor market pull dan science push secara
bersamaan.
Kegiatan berinovasi tidak akan
benrhenti karena secara alami kebutuhan di dunia ini pasti akan selalu ada.
Bahkan belum tentu kebutuhan tersebut dapat dijawab dengan teknologi. Salah
satu contonnya seperti kasus belum adanya obat yang ditemukan menyembunyikan
penyakit HIV. Ini merupakan pembelajaran bagi kita tentang kebijaksanaan Tuhan
semesta alam. Karena dengan sunatullah ini maka kita terdorong untuk selalu
berinovasi tanpa putus dan terhenti.
Daftar Pustaka
Khalil, Tarek M.. 2000. Management of Technology. McGrawHill: New York
google.com, Picture Technologi, www.google.com/imgres, diakses pada 25 Sepetember 2013
0 comments:
Post a Comment