Pages

Ads 468x60px

Labels

Wednesday 25 September 2013

Technology Life Cycle - Siklus Hidup Teknologi


Setiap teknologi pasti memiliki siklus hidup yang biasanya dalam grafik puncak dari siklus ini ditandai dengan titik natural limit. Pada dasarnya natural limit setiap teknologi berbeda-beda, dan setiap umur masih biasa diperpanjang. Namun tentunya dengan konsekuensi effort yang lebih besar, berupa pengembangan-pengembangan. Pengembangan ini harus memperhatikan tipe dari teknologi tersebut, bagaimana cost yang dikeluarkan, dan juga berapa lama waktu pengembangannya.
                Life cycle teknologi juga sangat mempengaruhi perkembangan dari pasar. Pada masa embrionik misalkan, disaat ini perusahaan belum memiliki volume market. Dan pada masa growth justru berkebalikan, karena pada masa ini pasar mengalami peningkatan yang pesat atau dapat dikatakan volume market selalu meningkat. Setiap masa-masa life cycle hendaknya disiasati untuk menghimpun dan mempertahankan pasar dari waktu ke waktu agar eksistensi perusahaan akan tetap terjaga. Di dalam mempelajari tentang Technology life cycle nantiya Anda pasti akan bertemu dengan istilah-istilah seperti Multiple Growth, Technology and Market Interaction, Market Pull, atau pun mungkin yang lainnya.
Multiple Growth – Pernahkah Anda mengetahui tentang teknologi 3G? Didalam pekembangannya teknologi ini tidak diam saja, karena teknologi ini mengalami perkembangan demi perkembangan hingga saat ini. Inilah salah satu contoh dari Multiple Growth, dimana suatu teknologi akan memiliki subteknologi-subteknologi lainnya. Setiap proses subteknologi life cycle berupa pengembangan dari salah satu atau beberapa parameter dari teknologi existing yang di dalamnya terdiri dari pengembangan-pengembangan produk lagi.
Tecnology and Market Interaction – Sudahlah pasti teknologi dan pasar sangat berkaitan erat. Bahkan untuk mempertahankan pasar saja tidak cukup sehingga sangat penting pula untuk menciptakan pasar. Hal ini  dimaksudkan untuk enciptakan longlife technology. Atau biasa juga dikenal dengan push of technology (Science-Technology Push).
Market PullMarket Pull merupakan keinginan pasar yang mendorong suatu teknologi untuk dibuat. Ini merupakan faktor mayoritas pada pengembangan suatu teknologi. Namun pengembangan produk dapat juga dilakukan dengan faktor market pull dan science push secara bersamaan.

                Kegiatan berinovasi tidak akan benrhenti karena secara alami kebutuhan di dunia ini pasti akan selalu ada. Bahkan belum tentu kebutuhan tersebut dapat dijawab dengan teknologi. Salah satu contonnya seperti kasus belum adanya obat yang ditemukan menyembunyikan penyakit HIV. Ini merupakan pembelajaran bagi kita tentang kebijaksanaan Tuhan semesta alam. Karena dengan sunatullah ini maka kita terdorong untuk selalu berinovasi tanpa putus dan terhenti.

Daftar Pustaka
Khalil, Tarek M.. 2000. Management of Technology. McGrawHill: New York
google.com, Picture Technologi, www.google.com/imgres, diakses pada 25 Sepetember 2013

0 comments:

Post a Comment